Pendidikan seksual kerap luput dikenalkan guru di Sekolah Dasar. Anak seringkali tak paham dan merasa bahwa dirinya telah melakukan sesuatu yang belum dipahami lanjut. Sehingga menjadikan sebuah ketidaksengajaan menjadi sesuatu yang fatal dan menimbulkan kecemasan. Padahal belum tentu peristiwa yang dilakukan membuat hal buruk. Seburuk-buruknya, ketidaksengajaan berakhir dengan lahirnya gunjingan-gunjingan. Namun, pada akhirnya gunjingan-gunjingan di sekitarnya membuat hal menjadi semakin rumit. Membuat segala hal harus segera dipilih dan diputuskan.

Itulah yang coba diceritakan dalam Joshua. Jojo, seorang enterpreneur belia. Penjual kelereng yang wilayah kekuasaan perdagangannya meliputi seluruh sekolah. Jojo adalah murid SD yang bandel, cerdik dan lihai. Tapi suatu hari, kecerdikan dan kelihaiannya itu surut.

Dalam sebuah insiden yang lucu, ia tidak sengaja mencium pipi Lili, teman sekolahnya saat mata pelajaran Olah Raga. Gosip bahwa mereka telah berciuman dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru sekolah. Pergunjingan di seantero teman sekolahnya ini membuat batin Jojo merana dan terdesak. Ia benar-benar khawatir, jangan-jangan ciumannya tadi membuat Lili hamil?

joshua-id-ss2-2-krk

Jojo sudah membayangkan apa saja yang akan terjadi kepada Lili terhadap ciuman yang tak sengaja tersebut. Ia coba bersikap dan memilih untuk berterus terang dan bertanggung jawab ketika pada nantinya terjadi apa-apa dengan Lili. Ia berusaha untuk menjual seluruh kelerengnya dalam rangka mengumpulkan uang untuk menikahi Lili. Di tengah keresahannya yang masih bingung dan dalam raut wajahnya mempertanyakan: apakah benar ketidaksengajaan ciuman mendarat di pipi Lili, membuatnya hamil?

Pendidikan seks secara dini memang diperlukan untuk membuat pemahaman kepada anak baik di rumah maupun sekolah, namun yang pasti haruslah tepat dan sesuai dengan porsinya. Agar tidak timbul dan terjadi kekhawatiran. Karena salah-salah, jika hal ini tidak disadari sejak dini, mereka akan mencari tahu sendiri dengan media yang sudah mampu diakses dengan mudah di era internet ini. Dikhawatirkan anak-anak penasaran dan menjangkau pengetahuan seksual tanpa pengawasan orang tua. Sebab permasalahan, dalam pengetahuan tentang seks, belum saatnya mereka dapatkan.

joshua-id-ss3-krk

Hal inilah yang diklaim masih rendah di tataran para orangtua Indonesia, yakni pengawasan serta dalam mengkomunikasikan hal-hal yang seharusnya sudah dapat dipahami oleh anak. Pemerintah seyogyanya mampu menjembatani pendidikan seksual untuk anak. Pasalnya, pemahaman orangtua tentang hal tersebut kurang komprehensif. Dalam harapan yang diajukan oleh Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memasukkan pendidikan seksual ke dalam kurikulum pendidikan pada tahun 2016, bahkan belum segera dipenuhi.

Bahkan KPAI sudah mengajukan gagasan tersebut sejak 1999. Namun, hingga hari ini belum juga terlaksana karena terhambat paradigma pendidikan seksual itu sendiri. Pendidikan seks usia dini yang seharusnya sudah diajarkan. Agar anak-anak tidak terlalu polos saat mereka memasuki masa pubersitas di usianya. Pendidikan seksual tidak boleh lagi dianggap sebagai hal yang tabu.

joshua-id-ss1-krk

Kebingungan yang dialami ketika tidak diajarkan sebelum memasuki masa pubertas, karena jika mendapatkan informasi yang salah, bisa membahayakan. Pengajaran perihal seksualitas menjadi tanggung jawab orang tua. Memberi tahu mereka mengenai bahwa tubuh ini adalah pemberian Tuhan yang sangat berharga, tidak hanya harus dijaga kebersihannya, tapi dijaga juga dari orang-orang yang tak mempunyai dan pantas untuk menyentuhnya. Bagaimana kemudian menjadikan etika dan moral anak tersebut terbangun dengan baik.

Dalam film ini, Jojo sebagai anak Sekolah Dasar dengan segala keterbatasan pengetahuannya. Ia dengan berani melakukan usaha yang dengan cara yang dimilikinya. Ia ingin mengumpulkan uang, melamar, menikahi untuk tanggung jawab dengan apa yang telah dia lakukan.

Jojo walaupun bandel, namun sungguh, ia cukup jantan. Keberanian ingin mempertangungjawabkan ketidaksengajaan tersebut, coba disampaikan saat berada di mobil bersama orangtuanya. Jojo bukti bahwa ia anak baik. Ia hadapi ketakutannya. Ia menemui Lili. Ia coba bicarakan kepada orang tuanya. Dengan segala kekurangtahuannya, ia berani membuktikan: ia, siap sedia bertanggung jawab.

joshua-id-ss4-krk

Joshua | 2014| Durasi: 12 menit | Sutradara: Alvin Ardiansyah | Aliran: Drama, Komedi | Topik: Cinta, Masa Kanak-Kanak | Negara: Indonesia | Bahasa: Bahasa Indonesia | Saluran: Redefine Your Story, Viddsee Shortee, Viddsee Juree

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s