Membayangkan Wisuda

Dari 80 kawan yang masuk di jurusan arsitektur angkatan 2012, 50an kawan sudah menempuh tugas akhir dan menyelesaikan sidangnya tahun kemarin. Jelas mereka semua lulus dengan tepat waktu: 8 semester.

Semester 9 pun ada 20an kawan yang baru memasuki pra studio tugas akhir, yang artinya, dengan melewati preview satu, mereka sudah bisa melihat gerbang kelulusan di depan mata. Sepuluh sisanya salah satunya adalah saya, jika dihitung-hitung perjalanan saya di kampus masih panjang.

Saya tidak menyalahkan siapa-siapa atas keterlambatan ini, yang jelas bukan disebabkan cuti berkepanjangan. Hanya saja kemalasan menggerogoti setiap lini sepak terjang yang ingin saya capai di perkuliahan, itu mungkin salah satu hal yang menjadi sebab ketertinggalan.

Saya salut kemudian kepada 50 kawan yang wisuda hari ini, sebab semangat mereka dalam menyelesaikan perkulihan di jurusan arsitektur dengan lancar tanpa hambatan, mengalir deras, cerdik dan cerdas melewati setiap dinamika yang ada di jurusan arsitektur.

Tak perlu saya ceritakan secara detail, setiap orang pasti punya dinamika, dialektika dan romantika masing-masing.

Bolehlah dari keragaman tersebut tidak lantas menjadi sebuah perbedaan yang membuat iri hati dengan kecepatan, kemudahan, kesulitan yang mereka capai. Karena setiap orang pasti punya kesempatan yang sama untuk menjalankan perkuliahannya, Saya pun sebetulnya di semester sebelum-sebelumnya menjalankan perkuliahan dengan banyak keberuntungan.

Sayangnya, saya hari ini belum beruntung untuk bisa berdiri bersanding di podium dengan memakai toga, almamater wisuda dan tentunya diakhiri foto bersama. Tapi, saya yakin tahun depan bisa menaiki podium yang sama, namun bukan dengan toga dan almamater wisuda, namun dengan membawa satu karya untuk dibedah dan didiskusikan bersama.

Lalu untuk soal rencana wisuda. Entahlah! Saya belum terbayang, kapan hari itu akan terlaksana.

GNFA8515.jpg

Leave a Reply

