Pinjam Buku

Salah satu keuntungan mempunyai uang lebih bagi saya adalah bisa menyisihkannya untuk belanja buku. Ketika hal tersebut terus berjalan dan semua teman mendengar kabar bahwa buku saya banyak dan bisa dipinjam, mereka menghubungi saya untuk satu hal: pinjam buku.

Barangkali meminjamkan buku merupakan kerja kebudayaan. Karena dengan hal itu saya berusaha ikut serta untuk meningkatkan tingkat literasi saya sendiri sekaligus bangsa ini.

Membaca barangkali belum menjadi sebuah kerja kebudayaan bagi saya. Saya baru menjadi seorang pembaca buku –kambuhan– ketika awal tahun kemarin. Saat setelah bertemu beberapa kawan yang memang menggeluti dunia jurnalistik dan beberapa editor dan pimred media daring.

Sejak pertemuan itu. Saya selalu merasa ingin seperti mereka. Ingin terjun di dunia mereka. Saya jadi keranjingan membeli dan membaca buku. Selama satu semester kemarin. Sekitar 50 buku saya beli baik dari toko buku bekas dan online, belum semua sempat terbaca. Memang, meluangkan waktu membaca setelah membelinya adalah sebuah ruang-waktu yang lain.

Tentu koleksi yang belum banyak tersebut membuat teman-teman ingin meminjam. Saya tidak segan-segan untuk meminjamkan. Silahkan, silahkan pinjam, karena saya juga sering meminjam.

Ketika saya membaca dan meminjam buku kawan lain, nama mereka tersemat dalam halaman pertama sebagai tanda milik. Sebaliknya, hampir semua buku yang saya beli dan dipinjam kawan-kawan belum sempat saya bubuhkan identitas.

Kalau begini saya jadi teringat kelakar Gus Dur: “Hanya orang bodoh yang meminjamkan buku kepada orang lain. Akan tetapi orang yang mengembalikan buku pinjaman adalah orang gila.”

GYTI3552.JPG

Leave a Reply

